Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya Paul Munster menyebut hasil pertandingan pramusim melawan Barito Putera di BRI Liga 1 Indonesia, Putaran 3, sebagai bahan penilaiannya terhadap klub yang bermarkas di Banjarmasin, Kalimantan Selatan tersebut.

“Ya, ada penilaian tentang itu, tapi juga tentang Ligue 1. Pertandingan Ligue 1 lebih penting sekarang. Soalnya dari pertandingan persahabatan saja kita sudah banyak perubahan. Jadi saat Ligue 1 bisa melihat 100 persen strategi tim,” kata Munster di Surabaya, Selasa.

Pelatih yang kini mengantongi lisensi profesional UEFA ini mengatakan akan lebih banyak membangun situasi teknik dan permainan menyerang bagi anak asuhnya.

“Sekarang kita pelan-pelan lagi untuk membangunnya. Latihan kami sekarang lebih banyak situasi teknis dan agresif,” katanya. Pelatih asal Irlandia Utara ini juga tak menampik bahwa Barito merupakan salah satu tim kuat di Liga Satu Indonesia dengan pemain-pemain berkualitas.

“Ya, memang benar. Setiap tim pasti punya pemain bagus. Tapi seperti yang saya katakan, Anda bisa melihat kekuatan dan kelemahan mereka. Saat ini, fokus sepenuhnya Persebaya adalah Barito,” katanya.

Nama-nama pemain yang akan turun pada laga tanggal 23 Agustus 2024 pukul 19:00 WIB di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya belum bisa dipastikan sebelum sesi latihan resmi.

“Kami tidak pernah memutuskan tim yang akan bermain di awal pekan. Kami selalu memutuskannya di akhir pekan. Pemain juga harus dievaluasi hingga akhir pekan. Biasanya, setelah latihan resmi selesai, baru diputuskan siapa yang akan bermain. Sekarang masih terlalu dini,” kata Munster.
Ini termasuk pemain asing baru Daryl Lachman, yang gagal bermain melawan Malto United.

“Kami masih menunggu. Semoga dia akan segera datang ke latihan. Namun seperti yang saya katakan, kami harus fokus pada para pemain yang ada saat ini.”

Namun, ia bersyukur Malik Risaldi sudah bisa bergabung dalam latihan tim setelah pertandingan melawan Marut United di Jakarta.

“Dia perlahan-lahan sudah bisa kembali bergabung dengan latihan tim. Jadi, seperti yang saya katakan, masih ada waktu untuk menilai semua pemain dalam latihan pekan ini,” kata Munster.