JAKARTA - Gustavo Almeida mencetak hat-trick saat Persija Jakarta mengawali musim baru dengan kemenangan 3-0 atas tamunya Barito Putera pada leg pertama Liga Spanyol 2024/2025 di Jakarta International Stadium.

Kemenangan tersebut membuat Macan Kemayoran meraih tiga poin dan untuk sementara menduduki posisi ketiga di klasemen sementara Liga 1 2024/2025. Barito, di sisi lain, turun ke posisi ke-17 dengan nol poin.

Persija berusaha menggebrak sejak awal. Peluang pertama datang dari Filza Andika, yang menerobos sisi kiri dan melepaskan tendangan namun masih membentur pemain belakang Barito.

Peluang bagus berikutnya datang beberapa menit kemudian. Dari sepak pojok, sundulan Lizki Lidho masih melambung di atas mistar gawang Barito yang dikawal Satria Tama.
Setelah bermain sabar dan mengandalkan bola-bola pendek, Persija berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-10. Gustavo Almeida memanfaatkan umpan silang Riko Simanjuntak dari sisi kanan dengan sundulannya, 1-0 untuk Persija. Keunggulan satu gol semakin membuat Persija bersemangat. Kerja sama yang apik antara Riko dan Gustavo memberikan peluang bagi Witan Slaman, namun sayang tendangannya masih bisa ditepis pemain belakang Barito.

Dalam keadaan tertinggal, Barito perlahan-lahan berusaha menyamakan kedudukan. Dari sebuah tendangan sudut, Lucas Moreira melakukan sundulan, namun masih melambung dari gawang Andritany Ardiyasa.

Tak mampu menembus pertahanan Persija, Barito mencoba membalas melalui tendangan spekulasi dari Murilo Mendes. Namun, dua tembakan Murilo gagal menemui sasaran.

Menjelang turun minum, Persija mendapatkan satu peluang terakhir untuk menggandakan keunggulan. Dari sebuah serangan balik, Rico mengirimkan umpan terobosan kepada Gustavo, yang tendangannya meleset ke pojok kanan bawah gawang Barito.



Di awal babak kedua, Barito mencoba bermain dengan tempo yang lebih cepat. Tendangan Lucas Moreira masih melebar namun berhasil ditangkap oleh Andritany.

Peluang berikutnya datang dari Persija. Witan Slaman menerobos masuk dari sudut mati, menerima umpan panjang, menggiring bola sedikit dan kemudian menembak, tapi Satria Tama mampu menepisnya. Pada menit ke-70, Persiya mendapat hadiah penalti. Umpan silang yang dieksekusi Riko membentur pemain Barito. Namun, setelah tinjauan VAR, wasit Asep Jandis memutuskan bahwa itu adalah handball.

Penalti Persija diberikan kepada Gustavo. Tendangan pemain asal Brasil itu mengarah ke pojok kiri bawah gawang dan tidak dapat dihalau oleh Satria Tama. 2-0 untuk Persija.

Menjelang akhir pertandingan, tepatnya pada menit ke-81, Gustavo melengkapi hat-trick-nya setelah menerima umpan dari Macei Gajos; Persija menang 3-0.

Pemain pengganti Marko Simic memiliki peluang untuk menyempurnakan kemenangan Persija. Namun, peluang terbaiknya menjelang akhir pertandingan berakhir dengan tendangan yang memantul, meskipun ia hanya berhadapan dengan penjaga gawang.