Jakarta-Presiden PSSI Eric Tohil meminta agar La Liga 1, kompetisi sepak bola papan atas Indonesia jelang musim 2024/2025, dapat menempati peringkat No. 2 di Asia Tenggara dan No. 12 di Asia.

Eric menilai beberapa aturan liga di musim baru harus menjadi pemicu untuk mematahkan kualitas Liga 1.

" Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas liga kita agar levelnya meningkat di Asia dan ASEAN. Tidak hanya itu, kompetisi yang aman dan nyaman bagi penonton tetap menjadi prioritas di setiap musim liga baru," kata Eric dalam konferensi pers Selasa, jelang dimulainya liga baru Musim 1, di Jakarta.

Tokoh yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara ini mengatakan perombakan kompetisi hanya sebatas regulasi dan penerapan teknologi VAR, namun juga menyentuh hal-hal mendasar lainnya seperti wasit.

"Kami menghormati kehadiran wasit dan VAR untuk meminimalkan kesalahan sehingga hasil pertandingan dapat diterima secara objektif. Hanya kapten tim yang diperbolehkan memprotes wasit, dan ini sesuai dengan aturan FIFA. Untuk menambah kepercayaan wasit kita akan ada guest referee, misalnya ada 1 bulan," kata Eric.

Hal lain yang juga menjadi perhatian Eric 1 terkait dengan waktu bermain para pemain timnas di klub-klub peserta Liga 1. Peraturan PT LIB yang baru akan memungkinkan setiap klub untuk mengontrak 6 pemain asing, termasuk menggunakan 8 pemain asing sebagai pemain inti.



Meski demikian, Eric meminta klub untuk menawarkan waktu terbang yang tinggi kepada para pemain timnas yang tergabung dalam klub tersebut.

"Penting untuk berkomunikasi dengan baik dengan setiap pelatih dan pemilik klub untuk memaksimalkan para pemain timnas, terutama pemain muda dan potensial, agar bisa bersenang-senang. Faktanya, klub dengan pemain dari tim nasional harus bermain," kata Eric.

Liga 1 Musim 2024/2025 akan dimulai pada Jumat (9/8) dengan berkumpulnya juara Persib Bandung musim lalu melawan juara Liga 2 PSBS Biak di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung. Berbeda dengan musim 2023/2024, musim La Liga 1 yang baru tidak menggunakan format seri Kejuaraan dan hanya memainkan musim kompetisi penuh.