GIANYAR, Bali - Bali United mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 3-0 pada putaran ketiga babak kualifikasi Grup B, meski tim asal Pulau Dewata itu tersingkir dan gagal lolos ke semifinal Piala Presiden 2024.

Tim tuan rumah, yang dijuluki Serdadu Tridatu, tampil ofensif sejak babak pertama di bawah pengawasan wasit Asep Yandis di Stadion Kapten I Wayang Dipta di Gianyar, Bali, Jumat malam.

Kemenangan tim yang mengenakan seragam merah, putih, dan hitam ini menjadi hiburan bagi 4.447 penonton yang menyaksikan langsung pertandingan terakhir kualifikasi Grup B Piala Presiden 2024.

Pasalnya, meski meraih kemenangan, tim nasional Serdadu Tridatu gagal lolos ke babak semifinal Piala Presiden 2024.

Bali United memiliki tiga poin yang sama dengan Madura United, tetapi hanya perbedaan selisih gol yang menghalangi keduanya untuk mencapai semifinal.

Persija, di sisi lain, mendapatkan empat poin meskipun kalah di pertandingan terakhir mereka, finis di posisi kedua di belakang Alema FC, yang mendapatkan tujuh poin.

Alema FC dan Persija Jakarta akan melawan juara Grup A di babak semifinal di Stadion Manahan, Solo.

Sementara itu, pertandingan berlangsung seru di babak pertama dengan tim tuan rumah menunjukkan kecepatan dan agresivitas.

Gol pertama Bali United tercipta pada menit ke-20 saat Brandon Wilson menyundul bola yang ditepis oleh kiper Persija Kaja Supriadi.

Serdadu Tridatu semakin mempersempit ruang gerak penyerangan Macan Kemayoran dan gol kedua dicetak oleh pemain muda tuan rumah Made Tito pada menit ke-58.

Awalnya tendangan keras pemain bernomor punggung 55 ini sempat membentur kiper, namun bola berakhir di gawang Persija.

Papan skor menunjukkan keunggulan 2-0 untuk Barrie United hingga kedua tim turun minum.

Sementara itu, di babak kedua, Bali United tidak menurunkan tempo serangan mereka, dan pada menit ke-63 mereka kembali membobol gawang Persija melalui Rahmat.

Sayangnya, gelandang Bali United Brandon Wilson dinyatakan melakukan pelanggaran terhadap lawan dan terpaksa diusir keluar lapangan dengan kartu merah.

Meski bermain dengan sepuluh orang, Bari United mengamankan tiga angka hingga peluit panjang wasit tanda berakhirnya pertandingan dengan skor 3-0.

Sementara itu, pelatih kepala Stefano Kugler tidak memberikan instruksi kepada anak asuhnya karena akumulasi kartu.

Susunan Pemain

Bali United

Fitr Dwi Rustapa (kiper), Brandon Wilson, Siddiq Simina, Yabes Roni, Kadek Agung, Koman Tori, Made Andika Wijaya, Privat Mbarga, Rahmat Arjuna, Made Tito, Rahmat

Pelatih kepala: Stefano Kugla

Persiya Jakarta

Kahia Supriadi (kiper), Raka Kahyana, Ondrej Kudela, Lesky Fandi Witriawan, Muhammad Alwi Fadila, Akbar Arjunshahr, Muhammad Ferrari, Zahabi Ghorie, Aditya Wolman, Reyhan Hannan, Azi Kusuma Pelatih kepala: Carlos Peña



51.