Janyar, Bali - San Made Mahendra Jaya, Penjabat Gubernur Bali, mengatakan bahwa perhelatan Piala Presiden 2024 telah mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya di sekitar Stadion Kapten I Wayang Dipta, Janyar, Bali.

“Kehadiran Piala Presiden telah menumbuhkan ekosistem baru, kreativitas dalam membuat cinderamata dan pakaian (jersey) Bali United dan sungguh luar biasa betapa tersenyumnya UMKM kami,” kata Kapten I, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat malam. Sangma Demahendra Jaya di Stadion Wayang Dipta mengatakan.

Ia tidak memberikan estimasi nilai ekonomi dari dampak perhelatan Piala Presiden 2024, namun ia memastikan ada perputaran ekonomi yang diperoleh para pelaku UMKM, termasuk para pedagang makanan dan minuman berupa cinderamata berupa jersey Bali United.

Ia juga berharap Bali tetap terpilih sebagai salah satu tuan rumah Piala Presiden tahun depan.

“Kami punya stadion yang bagus, masyarakat suka sepak bola, orang asing menonton sepak bola di sini. Saya berharap Bali dipercaya sebagai tuan rumah tahun depan dan masyarakat Bali bisa tersenyum,” tambahnya. Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Gianyar I Dewa Gede Alit Mudiarta menambahkan bahwa daerahnya memiliki potensi sekitar 60% pelaku UMKM.

Kehadiran event sepak bola yang representatif, lanjutnya, turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan kinerja usaha mikro, kecil dan menengah.

“Ajang Piala Presiden ini telah menumbuhkan UMKM kita.

Berdasarkan data dari Bali United, sebanyak 41 pelaku UMKM hadir di sekitar stadion pada pelaksanaan pertandingan terakhir Piala Presiden 2024. Sementara itu, Nyi Le, salah satu pedagang makanan, minuman, dan cinderamata yang berjualan di depan pintu masuk Stadion Dipta mengaku kecipratan rezeki dari penyelenggaraan event olahraga nasional, termasuk Piala Presiden dan Liga 1 Indonesia.

“Saya senang, mudah-mudahan banyak orang yang sering membeli dagangan saya,” katanya, menolak menyebutkan angka penjualan.

Stadion Dipta di Gianyar, Bali, merupakan salah satu tempat penyelenggaraan babak kualifikasi Piala Presiden 2024 yang diikuti delapan tim.

Di luar Bali, babak penyisihan diadakan di Bandung, sedangkan semifinal dan final diadakan di Stadion Manahan, Solo.

Sementara itu, pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B Piala Presiden 2024 mempertemukan Bali United dengan Persiya Jakarta, disaksikan oleh 4.447 suporter dan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida).

Para pejabat tersebut antara lain Penjabat Gubernur Bali Sang Mahendra Jaya, Kapolda Bali Ida Bagus Kade Putra Narendra, Wakapolda Bali I Gusti Kade Budi Haryarsana, Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee) Piala Presiden 2024 Marualar Siliteyang di dalamnya termasuk.

Kemudian, mereka bergabung dengan Bupati Badung Giri Prasta, Sekda Janjar I Dewa Gede Alit Mudiarta, dan para pejabat dari TNI dan instansi terkait lainnya.