Madura United mengalahkan tim tuan rumah Bali United dengan skor 3-2 pada pertandingan babak penyisihan kedua Grup B Piala Presiden 2024 pada Rabu malam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali.

Bali United harus mengakui keunggulan lawannya yang sempat bangkit dari ketertinggalan di babak pertama.

Kekalahan tim tuan rumah terjadi secara dramatis menjelang akhir babak kedua saat gol ketiga Bali United dinyatakan offside (offside) setelah pemeriksaan video asisten wasit (Video Assistant Referee/ VAR). Itu terjadi.

Babak pertama merupakan pertandingan yang menarik antara kedua tim.

Pertandingan baru berlangsung 20 detik, namun tim tamu Madura United memberikan kejutan dengan gol cepat dari pemain asal Jepang, Noriaki Akada.

Tidak lama kemudian, tim tuan rumah Bali United menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui tendangan penalti yang dilakukan oleh Mitsuru Maruoka pada menit ke-9.

Penalti terjadi setelah wasit Sans Rowita melakukan pengecekan menggunakan Video Assistance for Referees (VAR).

Tim berjuluk Serdadou Tridatou ini kemudian menguasai jalannya pertandingan di babak pertama yang disaksikan langsung oleh 3.293 orang itu, dan memiliki beberapa peluang mencetak gol.

Pada menit ke-22, Privat Mbarga melepaskan sundulan, namun gagal menemui sasaran.

Demikian pula pada menit ke-24, tendangan keras Irfan Jaya mengarah langsung ke gawang lawan, namun berhasil diselamatkan kiper Dikri Yuslon.

Sementara itu, lawan mereka yang berjuluk Raskar Sape Kelab beberapa kali mendominasi penguasaan bola setelah lepas dari kawalan tim tuan rumah.

Meski demikian, tim tuan rumah kembali unggul pada menit ke-48 atau perpanjangan waktu melalui gol kedua yang dicetak oleh Privat Mbarga.

Pemain bernomor punggung 37 ini menerima umpan dari pemain muda Made Tito dan menjatuhkan diri untuk mencuri bola dari tim lawan.



Sementara itu, pada babak kedua, Madura United membalas dengan membobol pertahanan Serdadu Tridatu.

Pada menit ke-84, penyerang Madura United Maxuel Silva memanfaatkan pantulan bola yang diblok kiper Adilson Malinga untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Dalam sekejap mata, Muxuel Silva kembali mencetak gol pada menit ke-87 dari sisi kanan gawang.

Bola sempat menyentuh tiang kanan gawang dan akhirnya masuk ke gawang tim tuan rumah, membuat Madura United unggul 3-2.

Gol ketiga Bali United, yang dicetak oleh Kenzo Nambu pada menit ketujuh perpanjangan waktu babak kedua, dianulir karena offside oleh VAR.

Anggota

Bali United: Adilson Malinga, Elias Dror, Bagas Adi, Brandon Wilson, Mitsuru Maruoka, Novri Setiawan, Ricky Fajlin, Privat Mbarga, Irfan Jaya, Madee Tito, Everton Nascimento
Pelatih kepala Stefano Kugla

Madura United: Dikri Yuslon, Jordi Veerman, Cristian Longtini, Noriki Akada, Maxuel Da Silva, Ilan Jr, Kartika Vedayanto, Koko Ali Alaya, Howdy Abdillah, Arsa Ramadan Ahmad, Marcel Yusuf Usmah
Pelatih kepala: Widodo Kahyono Putro