JAKARTA - Bek tengah Australia, Alessandro Cherkati, mengatakan bahwa timnya akan berusaha untuk membuat Indonesia tidak nyaman dalam pertandingan putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa 9 Oktober.

“Kami akan terus mencari ruang, menarik mereka keluar dari strategi kami dan kemudian menggiring mereka ke ruang-ruang di mana mereka tidak bisa bermain dengan nyaman,” kata Cherkaty, yang dikutip laman resmi tim Australia yang dipantau di Jakarta, Senin.

Pesepak bola yang bermain untuk tim Serie A Italia, Parma, itu menegaskan bahwa Australia tidak akan mengizinkan Indonesia memainkan mereka.

Menurut Cherkati, Indonesia memiliki pemain-pemain cepat yang sangat berbahaya dalam situasi serangan balik.

“Jika kami tidak siap, kami akan dihukum. Jadi kami memastikan itu tidak terjadi,” kata bek berusia 20 tahun itu.

Sarkaty juga mengatakan Australia telah belajar banyak dari hasil negatif di pertandingan pertama Grup C mereka, kekalahan 0-1 di kandang sendiri dari Bahrain.



Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa Australia akan tampil lebih kreatif, berani menyerang dan mengambil risiko untuk mencetak gol ke gawang Indonesia.

“Kami sudah siap untuk pertandingan besok. Kami telah menjalani dua sesi latihan yang berkualitas. Kami sudah mulai terbiasa dengan segala hal, termasuk iklim Indonesia yang panas dan lembab,” kata Sarkati.

Untuk membantu tim memberikan kekalahan bagi Indonesia, Sarkathi mengatakan bahwa ia bersedia ditempatkan di posisi manapun dalam tim.

Posisi alamiahnya adalah bek tengah, namun ia juga memiliki kemampuan untuk mengisi pos bek kanan.

“Dalam karier profesional saya, saya hanya bermain sebagai bek tengah dalam sistem dua bek atau tiga bek. Namun, di tim muda Parma, saya adalah seorang bek kanan. Jadi saya bisa bermain di posisi tersebut tanpa masalah. Menjadi bek kanan akan membebaskan saya dan memberikan saya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan saya dalam membantu serangan,” ujar Cherquati.



Saat pertandingan berlangsung, lebih dari 60.000 pendukung tim nasional Indonesia memadati stadion utama Gelora Bung Karno, Jakarta, namun Cherkati tidak merasa khawatir.

Baginya, atmosfer tersebut justru menambah semangat untuk melakukan yang terbaik.

“Itu membuat Anda ingin menang. Saya ingin membuktikan bahwa kehadiran suporter lawan tidak mempengaruhi permainan saya,” kata Circati.

Indonesia akan melawan Australia dalam lanjutan pertandingan Kualifikasi Regional Asia Putaran 3 Grup C Piala Dunia 2026 pada Selasa 9 Oktober pukul 19.00 (WIB) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pertandingan ini merupakan pertandingan kualifikasi kedua bagi kedua tim. Pada pertandingan pertama, Indonesia bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Arab Saudi, sementara Australia kalah 0-1 dari tim tamu Bahrain.

Indonesia saat ini berada di posisi keempat dengan satu poin, di bawah Jepang (6 poin), Bahrain (6 poin) dan Arab Saudi (1 poin) di posisi pertama, kedua dan ketiga di Grup C putaran ketiga kualifikasi regional Asia Piala Dunia 2026; di posisi kelima dan keenam ada Australia dan China dengan nol poin. adalah.