JAKARTA - Kiper Indonesia Maarten Paes, yang bermain untuk FC Dallas di Liga Amerika, sudah mulai berlatih bersama tim nasional Garuda di Jeddah, Arab Saudi, menjelang putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Hari pertama di Jeddah,” tulis Paes melalui akun Instagram pribadinya @maartenpaes, yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Paes juga mengunggah foto dirinya sedang berlatih di lapangan dengan mengenakan seragam latihan tim nasional Indonesia buatan Earth Pro.

Paes adalah salah satu dari tiga penjaga gawang yang masuk dalam daftar pelatih Shin Tae Yong untuk pertandingan pertama Indonesia melawan Arab Saudi pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 5 September di Stadion King Abdullah Spoet City di Jeddah (dua lainnya adalah Hernando Ali dan Nadeo Argawinata).

Sebelumnya, pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-Yong mengatakan bahwa Maarten Paes tidak secara otomatis mendapatkan tempat setelah ia dipastikan berseragam merah putih.

“Kalaupun Maarten datang, tidak ada jaminan dia akan bermain 100 persen setiap saat. Pastinya, dia pasti menjadi aset yang bagus untuk tim nasional. Namun sama saja, ini adalah dunia yang kompetitif,” ujar Singh.

Menurut pelatih asal Korea tersebut, masuknya Paes ke dalam skuat Garuda akan menambah persaingan di tembok terakhir timnas yang sudah memiliki Hernando dan Nadeo.



Singh menegaskan bahwa posisi penjaga gawang akan dipilih berdasarkan kondisi pemain dan performanya selama latihan dan saat membela klub.

“Jadi, apakah Anda ingin Nando atau Nadeo, siapa pun itu, Anda harus memiliki permainan yang bagus dan kondisi para pemain berubah setiap hari. Jadi kami akan melihat siapa yang kondisinya paling baik dan dia akan bermain.”

Berkenaan dengan pertandingan tandang melawan Arab Saudi, Shin Tae Yong telah memanggil 26 pemain kunci. Nama-nama pemain dan klubnya adalah sebagai berikut:
Maarten Paes (FC Dallas/USA)
Hernando Ali Staryadi (Persebaya Surabaya)
Muhammad Adi Satryo (PSIS Semarang)
Nadeo Argawinata (Borneo FC)
Calvin Ferdonk (NEC Nijmegen/Belanda)
10. Jay Idzes (Venezia/Italia)
11. Sandy Walsh (KV Mechelen/Belgia)
12. Shein Patinama (KAS Oipen/Belgia)
Asnawi Mangkuaram (Port FC/Thailand)
14. Prathama Arhan (Suwon FC/Korea)
15. Nathan Joye Aon (Swansea City/Inggris)
16. Tom Hay (-)
17. Ivar Jenner (Jong Utrecht/Belanda) Belanda)
18. Ricky Kambuaya (Dewa United)
19. Egi Maulana Bikri (Dewa United)
20. Witan Sulaman (Persija Jakarta)
21. Marcelino Ferdinand (Oxford United Inggris)
22. Dimas Drajad (Persib Bandung)
23. Raphael Struik (ADO Den Haag/Belanda)
24. Ragnar Olatmangoen (FCV Dender/Belgia)
25. Ramadhan Sanantha (Persis Solo)
26. Hocky Karaka (PSS Sleman)